Fotografi Perjalanan


eiffel

Bagi kebanyakan orang, perjalanan dapat menjadi peluang terbaik untuk mendapatkan foto-foto yang hebat. Berikut beberapa tip untuk membantu anda mendapatkan hasil maskimal dari fotografi perjalanan anda.

  • Jika Anda merencanakan sebuahperjalanan dan ingin mengambil beberapa foto hebat saat anda berada di sana, sedikit perencanaan awal sering menghasilkan perbedan antara album foto yang mengecewakan dan yang hebat. Selain itu juga ada beberapa teknik berbeda yang dapat digunakan untuk membantu mendapatkan hasil maksimal dari waktu anda yang terbatas.
  • Rencanakan membawa tas aksesoris – bukan masalah jika anda tidak memiliki tas aksesoris kamera khusus, tergantung pada ukuran kamera dan aksesoris anda, sebuah tas punggung kecil juga bisa digunakan. Satu yang harus dibawa adalah satu atau dua baterai ekstra – anda tentu tidak ingin  terjebak di lokasi entah berantah, dengan objek sempurna di depan anda, dan anda mendapati baterai anda mati – kebanyakan perjalanan hanya menyediakan peluang terbatas untuk mendapatkan opsi foto tertentu, sehingga manfaatkanlah sepenuhnya waktu yang anda miliki.
  • Aksesori lain yang harus disiapkan adalah ruang penyimpanan foto ekstra – baik sebuah atau dua kartu memori tambahan, atau men-download foto saat di perjalanan untuk menambah ruang memori sisa. Hal mengecewakan terjadi saat mengambil foto, ternyata anda tidak memiliki sisa memori, dan terpaksa harus menghapus sebuah memori untuk mendapatkan target lain.
  • Aksesori fotografi perjalanan lainnya adalah tripod. Banyak perusahaan menual tripod portabel kecil yang dapat ditaruh di sebuah tas kamera. Tripod sangat bernilai saat mengambil target yang memerlukan kondisi sangat tenang, gambar dengan cahaya rendah, atau mengambil foto teman dan keluarga bersama-sama.
  • Ada baiknya juga menyegarkan kembali kemampuan fotografi anda sebelum melakukan perjalanan, berbagai website fotografi seperti Digital Photography Tipsmenyediakan nasihat dan tips untuk membantu meningkatkan kemampuan mengambil gambar anda, semakin sering anda berlatih sebelumnya, semakin bagus foto perjalanan yang anda hasilkan.
  • Teknik yang berbeda juga dapat digunakan saat melakukan perjalanan untuk menghasilkan foto terbaik. Salah satu teknik yang mudah dilakukan dengan foto digital adalah dengan melakukan beberapa pengambilan gambar untuk target yang sama. Sepanjang anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, ambil lebih dari satu foto untuk target yang sama, daripada anda menyesal kemudian di rumah dengan mengatakan “Seandainya saya pindah ke kanan sedikit”, atau menyadari kemudian bahwa mata salah satu target tertutup.
  • Ketika mengambil foto landscape, atau objek, atau landmark, satu teknik yang bagus adalah memulai dengan mengambil foto dari sudut terluas kamera anda, dan kemudian zoom in lebih dekat hingga anda mendapatkan frame yang anda inginkan.
  • Juga coba mengambil dari tempat yang berbeda untuk sebuah target, dan gunakan sudut yang berbeda untuk komposisi itu. Hal ini membuat anda memiliki berbagai komposisi, mengingat anda tidak punya banyak peluang untuk mengulanginya dan mengambil gambar yang sama.
  • Satu hal terakhir yang perlu diingat adalah bahwa Anda tidak dapat mengulangi waktu. Mengambil foto adalah cara terbaik untuk menyimpan memori, namun jangan lupa untuk menikmati perjalanan itu sendiri. Ini terdengar seperti nasihat sederhana, namun banyak fotografer yang terlalu bersemangat mendapati diri mereka terjebak untuk mendapatkan foto sempurna sehingga mereka kehilangan liburan itu sendiri, dan mereka kahirnya luput menikmat perjalanan itu (serta kehilangan waktu-waktu bersama keluarga atau teman perjalanan). Oleh karena itu jangan lupa bawa kamera, menghirup mawar, dan menikmati perjalanan. Jika anda luput dari foto yang sempurna, anda masih dapat membeli sebuah kartu pos!

Sumber

Dikutip dari sini

1 Komentar (+add yours?)

  1. eko sutrisno hp
    Agu 15, 2010 @ 04:50:23

    Salam

    Nasehat terakhir paling bagus tuh mas.
    Kadang kita melupakan hal yang sepele itu je…

    Salam Sehati

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ekspedisi ALam Liar

...menjemput keindahan alam, blusukan ke pelosok desa

Ardian Kusuma

bike more eat more

Bersepeda itu indah

Memulai Bersepeda bersama dan sampai finish bersama

CATATAN HATI

Torehan Kata Dari Sejuta Asa Tentang Kamu; Cinta

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

Coretan Denina

Kezia and Stephan

Info seputar Gadget

Camera, Apple iPhone, Android, Software, Blackberry, Samsung

Anti Miras

Gerakan Nasional Anti Miras < 21 Tahun

Kehidupan Sehari-hari Pemuda/i Kalangan

Dusun Kalangan, Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

Alfaris08's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ajengkol's Blog

Just another WordPress.com site

Nurcahya Priyonugroho

Ayah Lala dan Lucky, Suami Dyah

ilmanakbar's Life Journal

Berbagi inspirasi dan hal-hal positif dalam hidup

Baca Baja

Baca Saja. Nulis Jarang.

irvankristanto

live and love the life

Labschool Jakarta

Pendidikan Terbaik Putra-Putri Anda