Cara berbelok di Tikungan


1. Pelan

lihat posisi tangan saat menurunkan gas, saat memegang kopling, saat menginjak rem, saat menurunkan gigi

kurangi kecepatan sebelum berbelok dengan cara mengurangi gas perlahan, kemudian tekan rem depan dan belakang perlahan (posisi tekan rem depan 60 % belakang 40%) , kemudian turunkan gigi perlahan (butuh latihan)

2. Lihat

perhatikan belokan ke arah yg dituju palingkan cuma kepala, jangan sampai bahu ikut berputar pastikan mata tetap di ketinggian horizon

3. Tekan

 utk berbelok, motor harus dalam keadaan miring utk memiringkan motor, dorong/tekan stang ke arah belokan dorong/tekan pegangan stang kiri – motor miring ke kiri – berbelok ke kiri dorong/tekan pegangan stang kanan – motor miring ke kanan – berbelok ke kanan teknik ini juga sering disebut counter steering ingat, makin tinggi kecepatan atau makin tajam belokan memerlukan kemiringan yg makin besar juga –

3. Putar

 putar lagi gas, pertahankan sepanjang belokan utk menstabilkan suspensi pertahankan kecepatan konstan atau percepat dng perlahan sepanjang belokan ini akan membuat motor makin stabil namun saat berbelok dalam kecepatan rendah di belokan tajam, lakukan counter balance dng memiringkan motor saja dan biarkan tubuh tetap tegak

4. Jalur kiri

pastikan tetap berada dijalur kiri, jika terlalu cepat mengambil ke kanan maka gaya geser ke luar semakin besar, kemungkinan bisa kebablasan yah, mentok .salah-salah batas portal tertabrak.

5. Berboncengan

Posisi pembonceng harus searah dengan pengendara, jangan berlawanan bro!! yang satu ke kanan yang satu ke kiri, bisa berakibat fatal karena pengendara akan sulit menyesuaikan keseimbangan. Jadi jika pengendara rebah ke kanan ikuti rebah ke kanan, jika ke kiri ikuti juga badan kita rebah kiri.

Demikian tips berbelok ditikungan, mudah-mudahan Anda semakin pandai berkendara.Jika Anda paham cara berkendara yang baik, tentu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan baik bagi diri sendiri maupun pengendara yang lain. Sampai nanti dengan tips safety riding yang lain…

2 Komentar (+add yours?)

  1. slam.riyadi
    Agu 22, 2010 @ 18:41:20

    Sekedar menambahkan, seperti pelajaran yg pernah saya dapat pada training safety riding, usahakan melakukan pengereman sebelum Anda masuk tikungan. Saat berada ditikungan, JANGAN MELAKUKAN PENGEREMAN yang terlalu massive. Hal ini untuk menghindari slip, apalagi untuk kondisi jalan licin. Tambahkan sedikit gas atau lakukan percepatan teratur di tikungan untuk menambahkan traksi pada ban.

    Balas

  2. Anhar
    Agu 23, 2010 @ 02:33:14

    terima kasih tambahan sharingnya mas ..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ekspedisi ALam Liar

...menjemput keindahan alam, blusukan ke pelosok desa

Ardian Kusuma

bike more eat more

Bersepeda itu indah

Memulai Bersepeda bersama dan sampai finish bersama

CATATAN HATI

Torehan Kata Dari Sejuta Asa Tentang Kamu; Cinta

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

Coretan Denina

Kezia and Stephan

Info seputar Gadget

Camera, Apple iPhone, Android, Software, Blackberry, Samsung

Anti Miras

Gerakan Nasional Anti Miras < 21 Tahun

Kehidupan Sehari-hari Pemuda/i Kalangan

Dusun Kalangan, Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

Alfaris08's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ajengkol's Blog

Just another WordPress.com site

Nurcahya Priyonugroho

Ayah Lala dan Lucky, Suami Dyah

ilmanakbar's Life Journal

Berbagi inspirasi dan hal-hal positif dalam hidup

Baca Baja

Baca Saja. Nulis Jarang.

irvankristanto

live and love the life

Labschool Jakarta

Pendidikan Terbaik Putra-Putri Anda