Jalur Mudik Cikarang – Cirebon (1): Pantura


Tepatnya Jalur Mudik Cikarang – Palimanan, karena saya tidak sempat merapat ke Cirebon nya.

Tulisan ini akan terdiri dari beberapa bagian berisi pantauan pada H-20 untuk 2 pilihan jalur dari setidaknya 4 pilihan yang tersedia, yaitu: Cikarang – Tol – Cikampek – Pamanukan – Lohbener – Palimanan, dan Cikarang – Tol – Cikampek – Sadang – Kalijati – Subang – Cikamurang – Cijelag – Kadipaten – Palimanan.

Berikut hasil pantauan H-20 tersebut:

Cikarang – Tol – Cikampek

Tidak ada hambatan berarti pada kondisi infrastruktur jal Tol, hanya ada sedikit pekerjaan perbaikan penguatan sisi bahu jalan di KM 40 dan penebalan aspal lajur paling kanan di KM 70, sisi arah Jakarta juga sisi paling kanannya sedang ditebalkan. Mudah2an bisa selesai dalam minggu ini dan saat H-7 bisa sudah rampung semua.

Penguatan Tebing Bahu Jalan

Penebalan Lajur Paling Kanan

Cikampek – Pamanukan – Lohbener (Indramayu)

Jalur yang dulu dikenal juga sebagai Jalur Maut ini sekarang sudah jauh lebih beradab, median jalan sudah di bangun di lebih dari 80% total panjang jalur. Sebelumnya sebagian panjang jalur ini tanpa median, sehingga acapkali terjadi kecelakaan dikarenakan kendaraan dengan kecepatan tinggi mendahului kendaraan di depannya dan mengambil jalur dari arah yang berlawanan. Kendaraan kecil sering harus turun dari badan jalan untuk menghindarai tabrakan.

Kilometer Pertama Pantura dari Simpang Jomin

Sedikit pekerjaan touch up terlihat di beberapa titik, photo di bawah diambil di sekitaran Sukamandi menjelang gedung Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.

Penambalan Aspal Jalan di Sukamandi

Pengisian retakan beton dengan aspal

Sebagian ruas jalan terlihat baru saja selesai, baik yang diaspal maupun dibeton, photo di bawah adalah ruas sekitar Ciasem sebelum Pamanukan, areal di mana biasanya truk pasir arah Jakarta menepi untuk beristirahat dan menurunkan sebagian pasirnya. Sebelumnya ruas ini tanpa pembatas jalur dan kondisi jalan sering berlubang karena sering basah oleh air yang terbawa bersama pasir yang diangkut truk-truk besar menuju Jakarta dsk.

Aspal dan Beton

Dari Pamanukan hingga ke Lohbener hampir bisa dikatakan tidak ada hambatan berarti pada kondisi infrastruktur jalan.

Lohbener – Palimanan (Cirebon)

Dari Lohbener (Celeng – Indramayu) pelintas dihadapkan pada 2 pilihan jalur menuju Cirebon, yaitu lurus melewati kota Indramayu – Balongan – Karangampel – Klayan – Pesisir yaitu jalur yang menyusuri pantai timur Indramayu dan Cirebon, atau belok kanan menuju Jatibarang, dari Jatibarang kembali bisa diambil 2 pilihan yaitu belok kiri ke arah Karangampel atau lurus menuju Palimanan yang sesampainya di Palimanan bisa memilih jalan Tol Palimanan – Kanci – Pejagan, atau lewat jalur propinsi melintas lingkar selatan kota Cirebon.

Bila mengambil pilihan  menuju Palimanan, maka sesaat setelah melewati tapal batas Kabupaten Indramayu dan Cirebon, sekitar 5 KM sebelum pasar Tegal Gubug, terlihat masih ada pekerjaan besar perbaikan jalan di lajur arah Jakarta sehingga tidak bisa dilewati, otomatis jalur arah Cirebon difungsingkan menjadi jalur 2 arah dengan masing-masing hanya 1 lajur, ada kemungkinan pekerjaan tersebut belum akan selesai saat H-5 ataupun H+5, jadi silahkan pantau keadaan aktual nanti sebelum memutuskan untuk melewatinya.

Pada photo di bawah terlihat jalur arah Jakarta sedang digali cukup dalam untuk diganti lapisan aspal nya

Perbaikan besar sekitar Tegal Gubug

Selepas ruas tersebut, kondisi jalan lumayan baik, namun akan cukup banyak keramaian yang mungkin dapat menjadi hambatan kelancaran lalu lintas. Gerbang tol Palimanan berada sekitar 12 KM dari ruas ini.

(bersambung)

2 Komentar (+add yours?)

  1. dualhead
    Agu 27, 2010 @ 07:05:05

    sukamandi biang macet tuh bsk pas H-3 ha2 wah jalan pd baru diaspal, bakal nempel semua tuh aspal ke body mobil😦
    nambah kerjaan lg…
    nice post and thanks for info🙂

    Balas

  2. Eko Sutrisno HP
    Agu 29, 2010 @ 03:16:50

    Mantap infonya mas Firman Syafiq (eh kebalik ya?).

    Aku nanti akan pilih jalur selatan saja, meskipun Ngangrek masih bermasalah.

    Salam Sehati

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ekspedisi ALam Liar

...menjemput keindahan alam, blusukan ke pelosok desa

Ardian Kusuma

bike more eat more

Bersepeda itu indah

Memulai Bersepeda bersama dan sampai finish bersama

CATATAN HATI

Torehan Kata Dari Sejuta Asa Tentang Kamu; Cinta

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

Coretan Denina

Kezia and Stephan

Info seputar Gadget

Camera, Apple iPhone, Android, Software, Blackberry, Samsung

Anti Miras

Gerakan Nasional Anti Miras < 21 Tahun

Kehidupan Sehari-hari Pemuda/i Kalangan

Dusun Kalangan, Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta

SUZIE ICUS PERSONAL BLOG

Education is not preparation for life; education is life itself - John Dewey

Alfaris08's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ajengkol's Blog

Just another WordPress.com site

Nurcahya Priyonugroho

Ayah Lala dan Lucky, Suami Dyah

ilmanakbar's Life Journal

Berbagi inspirasi dan hal-hal positif dalam hidup

Baca Baja

Baca Saja. Nulis Jarang.

irvankristanto

live and love the life

Labschool Jakarta

Pendidikan Terbaik Putra-Putri Anda